News Update :
Twitter Facebook Google +1
Home » » Es Krim Sehat Dari VCO

Es Krim Sehat Dari VCO

Penulis : Unknown on Rabu, 09 April 2014 | 23.04

es krim, kesehatanBanyak orang yang sangat menyukai es krim karena dari segi rasa yang enak juga memiliki gizi yang cukup tinngi. Namun ternyata juga masih banyak kekhawatiran akan makanan yang enak satu ini, di samping banyak yang suka namun juga tidak sedikit orang yang menghindari es krim yang di khawatirkan bisa menaikan berat badan khusunya untuk kalangan perempuan.

Pada dasarnya untuk membuat Es Krim yang umum  digunakan adalah  lemak susu, skim, gula, minyak nabati, pengemulsi dan air. Minyak nabati yang sering digunakan dalam pengolahan berbagai produk, biasanya sudah mengalami berbagai proses, antara lain proses hidrogenasi.

Dalam perkembangan zaman saat ini  menunjukkan, bahwa minyak nabati yang telah mengalami proses hidrogenasi akan menghasilkan lemak trans yang dapat menghasilkan trans fat, sehingga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Trans fat dapat meningkatkan level kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol  baik (HDL) dalam darah, karena itu resikonya penyakit jantung akan meningkat. Sedangkan Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak nabati yang tidak mengalami proses hidrogenasi, karena lebih 90% adalah tergolong asam lemak jenuh dan sekitar 60% adalah tergolong asam lemak rantai medium (C8-C12), dimana asam laurat (C12) 55,90% yang berperan dalam mengatasi berbagai penyakit. Dari berbagai publikasi ilmiah, terungkap bahwa  VCO dapat mengatasi lebih dari 50 jenis penyakit.

Oleh karenanya bahwa VCO itu baik untuk kesehatan tubuh kita namun banyak yang tidak suka mengkonsumsinya secara langsung karena tidak suka  rasa berminyak saat diminum dan rasa khas minyak kelapa maka salah satu cara untuk mensiasatinya adalah menggunakan VCO dalam pengolahan Es Krim.

PROSEDUR PENGOLAHAN ES KRIM-VCO
  1. Kuning telur 2-4%  diaduk sampai mengembang lalu ditambah VCO 10-14 % dan pengadukan dilanjutkan supaya dapat tercampur sempurna(a). 
  2. Susu 6-7%  dan gula 7-8%  campur dengan air matang lalu diaduk dan dipanaskan sampai  mendidih. (b).  
  3. Pada adonan(a) ditambah  adonan (b) sedikit-demi sedikit sambil diaduk terus sampai homogen, kemudian ditambah gelatin dan diaduk terus.  
  4. Jika  adonan  sudah homogen tambahkan flavor dan pewarna makanan.   Pengadukan dilanjutkan supaya flavor dan pewarna dapat tercampur merata.  
  5. Selanjutnya  adonan  ditutup dan disimpan dalam  Refrigerator atau  dalam  Freezer sampai bagian pinggiran adonan terlihat agak membeku.  
  6. Adonan dikeluarkan lalu dikocok ulang, kemudian masukkan dalam Ice Cream Maker (ICM) yang terlebih dahulu sudah disimpan dalam Freezer, sehingga bagian dinding  ICM  kelihatan ada lapisan tipis yang beku.  Lamanya proses selama dalam ICM  sekitar 15-30 menit.
KOMPOSISI GIZI ES KRIM-VCO
Es Krim-VCO yang diperoleh mengandung lemak 16,19%, protein 3,41%, abu 0,9%, karbohidrat 36,56% dan memiliki kalori 305,59 Kkal.  Selain itu memiliki kandungan asam laurat (C12) 18,05%.

Informasi lebih lengkapnya di www.balitka.litbang.deptan.go.id
Share this article :

Posting Komentar

 
About me | Contact me | Privacy policy | Advertise with me | Site map
Copyright © 2014. kabar terkini . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger